Pada Manual book
ini saya akan menjelaskan tentang design ruang tamu yang saya buat pada
blender. Sebelum memulai membuat ruang tau tersebut kita buka dulu aplikasi
blender tersebut, hal pertama yang akan kita lakukan adah membuat ruangannya
terlebih dahulu, kita masukan objek plane yang ingin saya gunakan sebagai
lantai dengan cara mengklik pada menu add >> mesh >> plane lalu
kita lebarkan plane tersebut hingga menjadi seperti pada gambar dibawah ini :
Setelah
itu kita masukan kembali dua objek plane tersebut namun kali ini kita akan
menggunakannya sebagai dinding dua objek plane tersebut kita rotate agar
menjadi posisi berdiri seperti pada gambar dibawah ini :
Setelah selesai membuat sebuah bidsang yang ingin kita
gunakan sebagai ruang tamu sekarang kita ingin membuat sofa terlebih dahulu
dengan memasukan objek kubus (cube) dengan cara memilih pada menu bar add
>> mesh >> cube lalu kita panjangkan kubus tersebut hingga menjadi
seperti pada gambar dibawah ini :
Setelah itu kita masuk ke dalam
edit mode lalu kita bagi kubuss tersebut menjadi beberapa bagian dengan cara
mengklik tombol CTRL+R lalu scroll pada mouse sehingga terbagi menjadi beberapa
bagian lalu kita seleksi bagian bawah yang kita akan gunakan sebagai tempat
untuk duduk sofa yang ingin kita buat seperti dibawah ini :
Setelah
kita seleksi seperti pada gambar diatas kita klik tombol E pada keyboard lalu
kita majukan bagian yang terseeksi tersebut setelah sudah kita keluar lagi dari
edit mode dan masuk ke objek mode dan sekarang objek tersebut sudah berubah
menjadi sofa seperti pada gambar dibawah ini :
Agar
sofa tersebut terlihat lebih nyata kita smooting dengan menggunakan smooth
vertex yang terdapat pada bagian sebelah kiri lalu setelah di smooth kita beri
warna agar terlihat lebih menarik kita berikan dua warna pada sofa tersebut sehingga
menjadi seperti dibawah ini :
Sekarang
kita buat lagi sofa untuk duduk satu orang dengan memasukan objek cube terlebih
dahulu seperti dibawah ini :
Setelah
itu kita masuk kedalam edit mode lau kita bagi bagi kembali menjadi beberapa
bagian seperti pada tahap sebelumnya pada saat kita membuat sofa yang panjang tadi,
lalu kita seleksi kembali beberapa bagian dibawah seperti dibawah ini :
Setelah kita
seleksi seperti pada gambar diatas kita klik tombol E pada keyboard lalu kita
majukan bagian yang terseleksi tersebut setelah sudah selesai kita keluar lagi
dari edit mode dan masuk ke objek mode dan kita lakuakan proses smooth seperti
pada tahap sebelumnya dan sekarang objek tersebut sudah berubah menjadi sofa
untuk satu orang seperti pada gambar dibawah ini :
Sekarang kita
beri warna agar terlihat lebih menarik kita berikan dua warna yang sama seperti
pada sofa sebelumnya sehingga menjadi seperti dibawah ini :
Setelah
selesai membuat sofa tersebut sekarang kita letakan sofa tersebut berdekatan
agar terlihat lebih rapih seperti pada gambar dibawah ini :
Setelah
itu kita klik objek sofa yang untuk satu orang
lalu kita duplicate objek agar menjadi ada dua lalu setelah itu kita
letakan bersebrangan dengan sofa yang satu lagi sehingga hasilnya akan menjadi
seperti dibawah ini :
Setelah
selesai menyusun sofa yang sudah kia buat tadi kali ini kita akan membuat meja
yang akan kita letakan di tengah tengah sofa tersebut. Kita masukan kmbali
objek cube(kubus) lalu kubus tersebut kita ubah menjadi lebih panjang dan lebih
pipih sehingga menjadi seperti ini :
Setelah
itu kita masuk kedalam edit mode lalu kita seleksi beberapa bagian di tangah
bagian bawah persegi panjang tersebut yang sebelumnya sudah kita bagi” dulu
menjadi beberapa bagian kotak kotak, lalu kita klik E pada keyboard dan kita
majukan bagian yang terseleksi tersebut menjadi seperti dbawah ini :
Agar
meja tersebut tidak terlihat kaku dan sedikit lebih nyata kita smooth bagian
meja tersebut seperti pada saat kita smooth sofa diatas sehingga hasilnya
menjadi seperti dibawah ini :
Setelah
selesai membuat meja sekarang kita beri warna meja tersebut seperti pada gambar
dibawah ini :
Setelah
selesai mebuat meja kita letakan meja tersebut kita letakan di tengah tengah
susunan sofa tersebut namun karna kita ingin membuat pintu jadi posisi sofa
tersebut kita rubah menjadi ada di sebelah kiri sehingga sekarang susunannya
menjadi seperti dibawah ini :
Sekarang
kita akan membuat pintu hal yang pertama dilakukan adalah memasukan objek plane
ke dalam lembar kerja kita kemudian kita buat objek plane tersebut menjadi
persegi panjang lalu kita rotate objek plane tersebut sehingga posisinya
menjadi berdiri menjadi seperti dibawah ini :
Setelah
memasukan objek plane tersebut sekrang kita geser letak plane tersebut menjadi
berada di pojok sehingga menjadi pintu lalu kita bagi menjadi beberapa bagian
sehingga seperti dibawah ini :
Sekarang
kita ingin membuat gagang pintu dengan cara menyeleksi beberapa bagian seperti
diabawah ini :
Setelah
selesai di seleksi lalu kita klik tombol e pada keyboard lalu majukan gagang
tersebut setelah itu seleksi kembali satu bagian kemudian majukan kembali
sehingga hasilnya akan menjadi gagang pintu seperti ini :
Setelah
selesai membuat gagang pintu tersebut sekarang kita berikan warna pada pintu
tersebut agar terlihat tampak indah setelah diberi warna maka hasilnya akan
menjadi seperti ini :
Setelah
selesai membuat pintu kali ini kita akan membuat meja yang akan digunakan untuk
meletakan tv, kpertama tama kita masukan objek cube pada lembar kerja kita lalu
kita pipihkan dan panjangkan objek cube tersebut sehingga hasilnya akan menjadi
seperti dibawah ini :
Sekarang
kita masuk kedalam edit mode lalu kita seleksi beberapa bagian depan dari objek
tersebut lalu kita majukan kembali dengan mengklik tombol e pada keyboard
kemudian hasilnya seperti pada gambar dibawah ini:
Setelah selesai memajukan bagian
tersebubut sekarang kita ingin membentuk meja tv tersebut agar menjadi lebih
nyata dengan cara smoothing, pertama tama kita seleksi dahulu beberapa bagian
seperti dibawah ini :
Setelah
selesai di seleksi selanjutnya kita smooth dengan menggunakan smooth vertex
yang terdapat di bagian kiri pada tampilan blender tersebut, setelah selesai di
smooth kita keluar dari edit mode dan sekarang kta masuk pada objek mode dan
hasilnya meja tv tersebut akan menjadi seperti ini :
Agar
meja tv tersebut menjadi lebih nyata sekarang kita beri warna pada meja tv
tersebut menjadi seperti diawah ini :
Sekarang
kita ingin membuat tv namun awalnya kita buat bagian bawah tv terlebih dahulu
dengan menggunaan objek kubus lalu objek kubus itu kita kecilkan hingga menjadi
seperti dibawah ini :
Setelah selesai
membuat bagian bawah sekarang kita akan membuat tv lcd dengan cara memasukan
objek plane lalu kita rotate objek plane tersebut agar menjadi tegak lalu kita
lebarkan agar menjadi persegi panjang dan hasilnya akan menjadi sperti dibawah
ini :
Agar
tv tersebut terlihat lebih nyata kita beri warna tv tersebut menjadi seperti tv
yang sebenarnya sehingga hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini :
Setelah
selesai dengan barang barang yang kita buat tadi sekarang kita akan membuat
agar lantai tersebut tampak lebih menarik, pertama tama kita masuk kedalam
objek mode lalu kita seleksi beberapa bagian seperti dibawah ini :
Setelah
selesai di seleksi kita beri warna bagian bagian yang terseleksi agar menjadi
lebih indah dan hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini :
Setelah selesai
membuat lantai sekarang kita akan menambahkan bingkai yang akan kita letakan di
samping pintu, pertama tama kita masukan objek plane kedalam lembar kerja lalu
kita rotate agar objek plane terbebut menjadi menjadi tegak dan kita perbesar
objek plane tersebut sehingga hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini :
Sekarang
kita akan memasukan gambar kedaala bingkai tersebut dengan cara drag bagian
bawah lembar kerja lalu lembar kerja akan menjadi ada dua setelah itu kita
pilih bagian bawah kiri kemudian kita klik uv image setelah itu kita masukan
gambar nya kedalam lembar kerja bagian bawah lalu pada bagian sebelah kanan
ceklis bagian face texture seperti gambar dibawah ini :
Setelah selesai
sekarang kita ingin membuat jam dinding dengan menggunakan objek plane terlebih
dahulu lalu objek plane plane tersebut kita letakan diatas tv dan masukan objek
kembali seperti cara diatas dan hasilnya akan menjadi seperti diabwah ini :
Setelah
selesai membuat bingkai dan jam dinding yang terahir kita akan membat guci atau
hiasan pertama tama kita masukan objek uv sphere lalu kita bentuk menjadi lebih
lonjong dan kita buat lebih besar sehingga menjadi seperti dibawah ini :
Sekarang
kita masuk kedalam edit mode lalu kita seleksi beberapa bagian dibawah uv
sphere tersebut seperti pada gambar dibawah ini :
Setelah
kita seleksi bagian bawah kita lakukan proses smoothing vertex sampai bagian
bawah menjadi rata setelah selesai meratakan bagian bawah nya sekarang kita
seleksi seperti yang tadi namun kali ini yang kita seleksi adalah bagian atas
lalu kita klik tombol e pada keyboard lalu kita masukan ke dalam bagian yang
terseleksi tersebut setelah itu kita hasilnya akan menjadi sperti ini :
Setelah
selesai membuat guci tersebut lalu kita beri warna guci tersebut lalu kita
duplicate objek guci tersebut lalu diletakan di samping tv sehingga jadi
seperti di bawah ini :
Sekarang kita telah membuat
design ruang tamu dan untuk melihat hasil dari kerjaan yang sudah kita buat
tadi kita klik tombol F12 dan kita akan bisa melihat hasil kerjaan kita dengan
warna dan pencahayaan yang lebih nyata , dan design ruang tamu yang sudh saya
buat adalah hasilnya seperti ini :
sofanya lucu deh gan :3
BalasHapussaya sedot dulu ilmunya ya sob
kurang lengkap caranya
BalasHapusngerti sendiri aza...gk jelas
BalasHapusKasih caranya pencet mana lokasinya kurang tepatttt
BalasHapusbisa kasih link download filenya aja gk hehe
BalasHapusBoleh tu..hehe
Hapus